Rabu, 23 April 2014

Cara Membuat Air Kolam Koi Tetap Bening, Beserta Gambar

Beberapa hari yang lalu adikku mengeluhkan air kolam koinya cepat berubah menjadi hijau. Khusushon penggemar koi tentu sangat paham jika air kolamnya berubah warna, maka keindahan lenggak-lenggok koi dengan pesona warnanya  ikut memudar. Seolah rembulan tertutup awan. Redup sinarnya. Mau tak mau setiap tiga hari sekali harus dikuras. Sungguh merepotkan.
Jika kita tidak ingin direpotkan dengan kuras-menguras atau ganti-mengganti air, maka da beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

1. Filter. Kalo kita datang ke toko koi, tentu disana banyak sekali ditawarkan beraneka ragam filter. Tapi pengalamanku itu tidak bertahan lama. Jadi lebih enak kalo kita mempersiapkan tempat khusus untuk filter. Ukuran filter yang baik minimal seperempat dari kolam.
Seperti gambar diatas kira-kira. Namun itu bukan filter yang baik karena pompalah yang mensuplai filter. Ini akan mengurangi umur pompa atau kita cukup direpotkan untuk selalu membersihkan pompa dari sumbatan kotoran. Lebih sip kalo pompa digunakan untuk mempompa air yang sudah bersih.
Isi filter:
- filter 1: ijuk atau kemoceng senar. Kalo aku lebih memilih kemoceng senar (istilahku sendiri tuh. Nama sebenarnya gak ngerti) karena lebih mudah dibersihkan dan tahan lama. Harganya kalo di sentra koi Bogor 25 ribuan. Fungsinya untuk menyaring kotoran yang 'besar'.
- filter 2: bioball atau dikosongkan saja buat endapan kotoran 'kecil'.
- filter 3: arang. Bagi yang pas-pasan dananya, arang bisa dijadikan alternatif karena satu karung besar 40 ribuan. Kalo menggunakan karbon aktif pasti lebih mahal.
- filter 4: batu zeolit fungsinya untuk menyeimbangkan asam-basa air. Apalagi untuk kolam dari air tanah maupun yang terkena hujan langsung. Agak mahal tapi. satu karung kecil 50 ribuan.
Jangan ragu-ragu ngasih ijuk atau kemoceng, arang sama batu zeolitnya ya. Banyakin! Agar fungsi filter bisa lebih maksimal.

2. Intensitas cahaya matahari. Diupayakan jangan terlalu lama terkena sinar matahari langsung agar ganggang penyebab air hijau tidak berkembang biak dengan baik.

3. Pompa air. Kurang maksimal fungsi filter kalo pompanya gak mendukung. Pompa yang baik  adalah pompa yang bisa mengalirkan seluruh air dalam kolam dalam 1 jam. Silakan dihitung sendiri ukurannya.

Mudah-mudahan dengan filter yang baik, tidak perlu lagi acara kuras-menguras atau ganti-mengganti air saban minggu. Biarkan saban hari kita menikmati indahnya koi, repotnya kita buang jauh-jauh. Wusss...

Demikian sedikit yang bisa di gethok-tularkan, mudah-mudahan bermanfaat.




2 komentar:

  1. mantap gan tips nya,,,thank's

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya. Sebagai tambahan, kami menyediakan mineral alam zeolite, CaO (Kapur tohor) dan CaCO3 (kaptan). Hubungi 085863093505 or www.zeolitecikembar.blogspot.com

    BalasHapus